Sah! Pemerintah Beri Subsidi Kendaraan Listrik, Dimulai 20 Maret 2023

Ilustrasi Motor Listrik
Ilustrasi Motor Listrik (Freepik/fxquadro)

Sulselpedia – Pemerintah akhirnya resmi menerbitkan aturan mengenai pemberian bantuan subsidi untuk pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yakni motor listrik dan mobil listrik, yang akan dimulai pada 20 Maret 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers KBLBB di Kantor Kemenko Marves Jakarta, Senin 6 Maret 2023.

“Insentif itu dimaksudkan dalam rangka mempercepat industri KBLBB di Tanah Air. Adapun, percepatan ini dalam rangkak mendorong efisiensi dan ketahanan energi, serta terwujudnya kualitas udara bersih dan ramah lingkungan,” kata Luhut.

Baca Juga :  Sidak, Bentuk Pengawasan Distribusi LPG Bersubsidi Tepat Sasaran

Sementara di tempat yang sama Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bahwa untuk usulan program 2023 ini, pemerintah akan memberikan bantuan subsidi untuk pembelian motor listrik roda dua sebesar Rp 7 juta per unit dan sudah diajukan sebanyak 200 ribu unit motor sampai pada Desember 2023. Sementara untuk bantuan subsidi roda empat atau mobil listrik akan diberikan kepada 35.900 unit kendaraan.

Baca Juga :  Beli Hunian di Bukit Baruga Dapatkan THR Ramadhan dan Subsidi Biaya KPR

“Di mana 2023 kami usulkan pemberian bantuan pemerintah terhadap sepeda motor EV sebanyak 200 ribu unit, sementara kendaraan roda 4 mobil di mana kita semua tau bahwa sekarang ada produsen Hyundai, Wuling diusulkan untuk sejumlah 35.900 unit kendaraan diberi bantuan pemerintah sampe Desember 2023,” terang Agus.

Menurut Agus, Kementerianya sudah menyiapkan skema, berkaitan yang dimintakan requirement dari Kemenkeu dan kami sudah kasih skema yang melibatkan beberapa lembaga termasuk perbankan dan produsen,serta Kemenperin sendiri dan ada yang TPA,

Baca Juga :  Pertamina Siap Laksanakan Penugasan Pemerintah Terkait Penyaluran Solar Bersubsidi Tahun 2020

Pemerintah hanya member bantuan terhadap belanja motor maupun mobil hanya berlaku untuk satu kali belanja tidak bias dipakai dua kali. “Jadi apabila seseorang ingin mempunyai dua motor listri yang diberi bantuan subsidi hanya satu saja tidak bias keduanya,” tegas Agus.

Baca artikel terbaru Sulselpedia di Google News