Resmi! PSSI Hentikan Liga 1 dan Liga 2 2020

Sulselpedia.com – PSSI sebagai otoritas sepak bola Indonesia resmi membatalkan lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020. Keputusan itu diambil setelah rapat Exco PSSI digelar pada Rabu (20/1) siang secara virtual.

Seluruh kompetisi musim 2020 dibatalkan karena kondisi force majeure terkait dengan pandemi Covid-19. Selain itu juga diputuskan bahwa tidak ada juara dan tidak ada degradasi di musim Liga 1 2020 yang baru berjalan tiga pekan tersebut.

Ketua Umum PSSI M Iriawan menyebut keputusan itu diambil setelah menerima masukan dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2.

Baca Juga :  MWC Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 50 Meter di Laut Makassar

“Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasnya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Iriawan.

Masukan dari klub yang dimaksud ialah saat club meeting dilakukan secara virtual pada 15 Januari lalu.

Saat itu, mayoritas klub meminta kompetisi yang kesulitan mendapatkan izin dari kepolisian tersebut dihentikan saja karena sudah masuk 2021 dan sangat sulit dilanjutkan.

Baca Juga :  Menang Dari Fulham, Manchester United Kembali Puncaki Klasemen

Di sisi lain, keputusan PSSI itu diperkuat dengan laporan dari PT LIB yang disampaikan oleh Direktur Operasional, Sudjarno. Dia menjelaskan bahwa virtual meeting yang dilakukan klub Liga 1 dan 2 rata-rata menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan.

Selain itu, kata dia, klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan agar PT LIB sudah mengantongi izin dulu dari Mabes Polri, sehingga klub akan lebih mudah untuk mempersiapkan musim kompetisi 2021.

Baca Juga :  Berikut Kontestan 16 Besar Liga Champions Eropa 2020/2021

“Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka menginginkan musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,” kata purnawirawan Polri tersebut.(*)