Profil Rahmat Erwin Abdullah, Atlet Asal Makassar Peraih Perunggu di Olimpiade Tokyo

Sulselpedia.com – Rahmat Erwin Abdullah kini tengah menjadi pusat perhatian seantero Indonesia saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya atlet asal makassar ini berhasil menyabet medali perunggu di kelas 73 kg.

Atlet kelahiran Makassar 13 Oktober 2000,  itu berhasil mempersembahkan medali perunggu pada debutnya di Olimpiade Tokyo 2020 pada Rabu 28 Juli 2021

Rahmat Erwin Abdullah berhasil memuncaki Grub B dengan total angkatan 342 kg (snatch 152 kg dan clean & jerk 190 kg), Sehingga, lifter berusia 20 tahun itu berhak melaju ke babak final bertemu dengan lifter-lifter kawakan dari Grup A. Dengan total angkatan 342 kg, Rahmat Erwin Abdullah berhasil menempatkan posisinya ke podium.

Baca Juga :  Tim U-20 Indonesia Kalahkan Turki 2-1 dalam Laga Uji Coba

Profil Rahmat Erwin Abdullah

Rahmat Erwin Abdullah adalah seorang atlet angkat besi (lifter) Indonesia kelahiran Makassar 13 Oktober 2000. Ia memulai debutnya di Pesta Olahraga Asia Tenggara 2019 di Filipina. Pada debut pertamanya tersebut, ia mampu meraih medali emas untuk Indonesia pada kelas 73 kg putra.

Rahmat Erwin Abdullah berasal dari keluarga mantan atlet angkat besi Indonesia yang berprestasi. Bisa dibilang, darah seorang lifter diturunkan dari kedua orang tuanya.

Baca Juga :  Harapan Suporter di Ulang Tahun ke-105 PSM Makassar

Ayahnya bernama Erwin Abdullah pernah meraih perak cabang olahraga angkat besi kategori 69 kg pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan. 

Ibunya, Ami Asun Budiono, pun atlet angkat besi. Ia berkompetisi dalam turnamen angkat besi tingkat nasional dan telah melatih atlet-atlet angkat besi untuk Provinsi Sulawesi Selatan.

Rahmat Erwin Abdullah merupakan lifter muda Indonesia yang lolos ke Olimpiade Tokyo lewat jalur kontinental. Ia menjadi lifter berperingkat terbaik mewakili Aisa di luar posisi delapan besar.

Baca Juga :  Hasil Bulutangkis Olimpiade Tokyo: Greysia/Apriyani Lolos ke 4 Besar

Ia memiliki sejumlah prestasi di angkat besi, yakni medali emas Asian Junior Championships di Korea Utara (2019), medali emas SEA Games 2019 Filipina.

Kemudian medali emas Asian Junior Championships di Tashkent (2020), dan medali perunggu Asian Championships di Tashkent (2021).