UMKM  

Fasilitasi Penerbitan NIB bagi UMKM, Garda Transfumi Hadir di Sulsel

Sulselpedia.com – Dalam mengimplementasikan amanah peraturan pemerintah No. 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan Koperasi dan UMKM, Kementrian Koperasi dan UKM bersama Mercy Corps Indonesia dan MicroMentor Indonesia menyelenggarakan program Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) dengan membentuk Relawan Garda Transfumi.

Program Transfumi merupakan komitmen untuk mendukung Transformasi Informal ke Formal Usaha Mikro melalui Legalitas Usaha (NIB) dengan target 3 Juta Usaha Mikro dan mewujudkan Transformasi Digital 30 Juta UMKM Indonesia pada tahun 2023.

Sulawesi Selatan menjadi salah satu dari tujuh wilayah implementing program Transfumi di tahun 2022. Dengan berkolaborasi dengan Asosiasi Business Development Servises (ABDSI) Wilayah Sulawesi Selatan, hadir 50 Relawan Garda Trasfumi yang tersebar dihampir seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  ABDSI-AKUMANDIRI Hadirkan UMKM Sulsel pada Gelaran Harnas Bandung

Mereka siap melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM yang ada di Sulsel dalam proses pendampingan penerbitan NIB, pendampingan digital usaha dan keamanan Siber.

Koordinator Wilayah Garda Transfumi Bachtiar Baso menerangkan bahwa hadirnya Relawan Garda Transfumi di Sulawesi Selatan melalui kolaborasi ABDSI menjadi hal yang positif khususnya bagi pemerintah dan pelaku UMKM.

Dengan adanya Relawan Garda Transfumi dan membantu pelaku UMKM memperoleh NIB yang tentunya akan membantu pemerintah daerah pula.

Baca Juga :  Dorong Inovasi berbasis teknologi, Badiklat Koperasi UKM Gelar FGD

“Alhamdulillah melalui ABDSI, Kementrian Koperasi dan UKM memilih Sulsel sebagai salah satu wilayah implementing Program Transfumi yang tentu akan membantu UMKM kita dalam memperoleh NIB sekaligus membantu pemerintah daerah,” terangnya, Jumat (1/7/2022).

Sementara itu, Sekjend DPP ABDSI Salman Sahmad menjelaskan bahwa relawan yang disiapkan menjadi Garda Transfumi terlebih dahulu telah dipilih yang mayoritas telah bersentuhan dengan proses pendampingan KUMKM selama ini dan telah dibimtek oleh pihak Kementrian Koperasi dan UKM bersama Mercy Corps dan Micromentor Indonesia.

Baca Juga :  AKUMANDIRI SULSEL Siap Hadir Membangun Bersama UMKM Di Sulsel

Diharapkan dengan hadirnya di Sulsel dapat membantu proses pendampingan penerbitan NIB dan Pendampingan Digital bagi pelaku UMKM.

“Relawan Garda Transfumi kami siapkan yang memang selama ini telah aktif pada kegiatan-kegiatan pendampingan Koperasi dan UMKM, dan beberapa waktu yang lalu telah dibimtek oleh kemenkop bersama mercy corps dan micromentor, ya mudah-mudahan bisa membantu UMKM kita,” ungkapnya.

Tahun 2022 program Transfumi berada di 6 wilayah baru, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Nusa Tenggara Barat.(*)