UMKM  

Modal Usaha Tak Cukup? Ini Tips Dapatkan Pembiayaan Mudah

Ilustrasi (ist)

Sulselpedia.com – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, masih banyak UMKM yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses pembiayaan.

Pembiayaan usaha merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan dan pengembangan UMKM. Dengan adanya pembiayaan usaha, UMKM dapat memenuhi kebutuhan modal kerja untuk mengembangkan usahanya. Modal kerja tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan, dan ekspansi usaha.

Terdapat berbagai jenis pembiayaan usaha yang tersedia bagi UMKM, antara lain:

  • Kredit bank: Kredit bank merupakan jenis pembiayaan usaha yang paling umum. Kredit bank dapat diperoleh dari bank umum, bank pembangunan daerah, dan bank syariah.
  • Kredit usaha rakyat (KUR): KUR merupakan program pembiayaan usaha bersubsidi dari pemerintah. KUR ditujukan untuk pelaku UMKM mikro dan kecil.
  • Pinjaman online: Pinjaman online merupakan jenis pembiayaan usaha yang dapat diperoleh secara online. Pinjaman online biasanya memiliki persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan kredit bank.
  • Fasilitas pembiayaan dari lembaga keuangan non-bank: Lembaga keuangan non-bank, seperti lembaga pembiayaan, koperasi, dan asuransi, juga menawarkan berbagai produk pembiayaan usaha.
Baca Juga :  Dorong Inovasi berbasis teknologi, Badiklat Koperasi UKM Gelar FGD

Nah buat kalian yang punya usaha dan butuh modal, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan pembiayaan usaha:

1. Pahami jenis-jenis pembiayaan usaha yang tersedia dan persyaratannya

Sebelum mengajukan pembiayaan usaha, penting untuk memahami berbagai jenis pembiayaan usaha yang tersedia dan persyaratannya. Hal ini akan membantu Anda untuk memilih jenis pembiayaan usaha yang tepat dan memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Baca Juga :  Ditengah Pendemi Covid-19,UMKM Indonesia dan ITPC Busan Tetap Jalankan Ekspor Rumput Laut ke Korea Selatan

2. Siapkan dokumen persyaratan yang diperlukan dengan lengkap dan benar

Lembaga keuangan akan meminta berbagai dokumen persyaratan untuk mengajukan pembiayaan usaha. Pastikan Anda menyiapkan dokumen persyaratan tersebut dengan lengkap dan benar. Dokumen persyaratan yang umum diperlukan adalah fotokopi KTP, NPWP, fotokopi kartu keluarga, fotokopi akte pendirian usaha, laporan keuangan, dan agunan.

3. Lakukan riset dan bandingkan berbagai lembaga keuangan yang menawarkan pembiayaan usaha

Bandingkan berbagai lembaga keuangan yang menawarkan pembiayaan usaha. Perhatikan suku bunga, biaya administrasi, jangka waktu, dan persyaratan yang diperlukan. Pilih lembaga keuangan yang menawarkan pembiayaan usaha yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Baca Juga :  Gelar Buka Puasa Bersama, Komunitas TDA Makassar Resmi Kick Off Pesta Wirausaha

4. Hubungi lembaga keuangan untuk mengajukan pembiayaan usaha

Setelah memahami berbagai jenis pembiayaan usaha yang tersedia, menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan, dan melakukan riset, selanjutnya Anda dapat menghubungi lembaga keuangan untuk mengajukan pembiayaan usaha.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk meningkatkan peluang mendapatkan pembiayaan UMKM:

  • Buatlah proposal bisnis yang menarik dan meyakinkan
  • Tunjukkan prospek usaha yang cerah
  • Bangunlah hubungan baik dengan lembaga keuangan

Dengan memahami dan mempersiapkan diri dengan baik, pelaku UMKM dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pembiayaan usaha.

Baca artikel terbaru Sulselpedia di Google News