Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaPotensi DaerahPulau Samalona, Pulau Eksotis di Selat Makassar

Pulau Samalona, Pulau Eksotis di Selat Makassar

Sulselpedia.com – Pulau Samalona adalah salah satu pulau terindah yang dimiliki Indonesia. Pulau ini berada di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

Luas pulau samalon hanya sekitar 2,34 hektar. Meski ukuran pulau ini terbilang kecil tetapi ada gugusan terumbu karang yang indah di sekitarnya yang memanjakan mata pengunjung. Pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir yang putih dan juga air laut yang biru yang begitu jernih. Ada banyak pohon kelapa yang memberi suasana nyaman untuk wisatawan. Pulau yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya juga memiliki ikan laut yang berwarna-warni.

Di pulau ini berdiri sebuah mercusuar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar. Samalona adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah Keling – Makassar.

Berapa biaya ke Pulau Samalona?

Tidak sulit untuk mencapai pulau, kita bisa menyewa perahu motor dari pelabuhan yang berada dermaga kayu di dekat Pantai Losari atau Dermaga Poksa di dekat Benteng Rotterdam, perjalanan menuju Pulau Samalona dengan menggunakan perahu motor yang memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Untuk menuju pulau ini, kita bisa menyewa perahu motor dengan biaya sekitar 300 rb – 500 rb Rupiah. Terdapat dua sifat penyewaan perahu motor yang bisa kita gunakan, yakni bersifat pribadi atau umum. Yang dimaksud pribadi di sini perahu motor disewa secara penuh dan akan menemani wisatawan sampai kunjungan selesai. Sedangkan jika bersifat umum, wisatawan akan bergabung dengan penumpang lain yang satu tujuan dan kembali sesuai dengan jam yang sudah ditentukan.

*Ketentuan dan harga bisa berubah sewaktu-waktu

Lokasi Pulau Samalona

Fasilitas di Pulau Samalona

Fasilitas di pulau ini terbilang cukup lengkap, seperti mushallah, toilet umum, warung makan, juga tersedia gazebo dan tenda payung di tepi pantai yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai.

Bagi kalian yang berniat untuk menginap di pulau juga sudah di sediakan homestay dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lumayan bagus.Harga penginapan di pulai ini terntunya bervariasi, berkisar pada harga Rp. 250.000-500.000/malam. Tergantung kualitas penginapan dan tawar menawar kalian. Jika beruntung kalian bisa mendapatkan harga penginapan yang murah.

Selain itu, juga terdapat layanan penyewaan peralatan menyelam dan snorkeling untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut di pulau samalona.

Daya Tarik Pulau Samalona

1. Pantai Pasir Putih

pasir putih pulau samalona
foto : Instagram/hamkahatta

Ketika sampai di Pulau Samalona Anda akan melihat sebuah pemandangan yang cukup indah. Hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih terlihat sangat menggoda sekali. Akan sangat indah untuk menikmati senja di tengah hamparan pasir putih di pulau samalona.

2. Keindahan Bawah Laut

Pemandangan bawah laut di Pulau Samalona ini cukup mempesona. Pada saat menyelam Anda dapat menemui berbagai ikan laut berukuran kecil yang berwarna warni, terumbu karang, dan sesekali juga terlihat kuda laut. Airnya yang sangat jernih membuat Anda dapat melihat dengan jelas semua biota laut yang ada di bawahnya.

3. Wahana

Di pulau ini juga tersedia wahana Banana Boat yang disewakan kepada pengunjung pulau. Selain itu, dipulau ini juga terdapat peninggalan sejarah seperti villa belanda yang usianya diperkirakan telah 100 tahun.

Penasaran dengan pesona Pulau Samalona? Jangan lupa masukkan Surga Kecil di Selat Makassar ini dalam daftar destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Makassar.

MENARIK UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Trending

BACA JUGA