Laksanakan Temu Fasilitasi Usaha, KemenkopUKM Gandeng PLUT SULSEL

Sulselpedia.com – Layanan Konsultasi Usaha yang terstruktur dan berkelanjutan berorientasi pada hasil tentunya sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha mulai dari aspek legalitas, manajemen usaha, pemasaran, pembiayaan dan aspek lainnya.

Konsultasi usaha yang dimaksudkan tersebut dengan membentuk ekosistem yang baik dan kondusif yang melibatkan para enablers baik PLUT, Perguruan tinggi, BUMN/BUMD, Asosiasi/Komunitas/Koperasi, Perbankan/Lembaga keuangan dan swasta lainnya.

Untuk itu, Bidang Konsultasi usaha pada Asisten Deputi Fasilitasi Hukum dan Konsultasi Usaha, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementrian Koperasi dan UKM bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi UMKM (PLUT KUMKM) Sulsel menggelar kegiatan Temu Fasilitasi Usaha bagi Usaha Mikro.

Kegiatan ini dilaksanakan di Best Western Plus Makassar pada tanggal 28 Mei 2024 yang diikuti oleh 40 peserta yang merupakan pelaku usaha mikro dengan berbagai jenis produk/jasa usaha yang telah terkurasi.

Baca Juga :  PLUT Sulsel “Business Check Up” Puluhan UMKM

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Deputi Fasilitasi Hukum dan Konsultasi Usaha Kementrian Koperasi UKM Republik Indonesia Rahmadi, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Koperasi UKM Sulsel yang diwakili oleh Kepala PLUT KUMKM Sulsel Ir. Iffah Rafida Djafar, ST., MT.

Dalam sambutannya Asisten Deputi Fasilitasi Hukum dan Konsultasi Usaha, Rahmadi, S.Sos., M.Si., menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan temu konsultasi usaha ini bertujuan untuk memperkuat dan mengoptimalkan layanan PLUT, memberikan layanan konsultasi usaha yang lebih terstruktur dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan yang ada serta meningkatkan kapasitas usaha dari pelaku usaha mikro sesuai dengan aspek layanan yang diberikan.

Baca Juga :  PLUT Sulsel Dampingi Komunitas Masjidpreneur

“Kegiatan temu konsultasi usaha bagi usaha mikro bertujuan untuk untuk memperkuat dan mengoptimalkan layanan PLUT yang lebih terstruktur dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan yang dapat meningkatkan kapasitas usaha dari pelaku usaha mikro sesuai dengan aspek layanan yang diberikan,” jelasnya.

Hadirnya kegiatan ini menjadi momentum bagi baik, sebagaimana yang disampaikan dalam sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo, M.Si. yang dibacakan oleh Kepala PLUT KUMKM Sulsel Ir. Iffah Rafida Djafar, ST, MT.

Momentum baik yang dimaksudkan adalah momentum yang baik dalam mendorong pentingnya kolaborasi dan inovasi khususnya dalam rangka menghadirkan layanan konsultasi yang terstruktur dan terarah melalui layanan konsultasi PLUT kepada pelaku usaha mikro yang ada di Sulsel dalam rangka membangun ekosistem usaha yang lebih kuat dan berdaya saing.

Baca Juga :  Kelas Inkubator PLUT Sulsel Fasilitasi UMKM Go Digital

“Kegiatan ini adalah momentum yang baik dalam dalam mendorong pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam menghadirkan layanan konsultasi yang terstruktur dan terarah melalui layanan konsultasi PLUT kepada pelaku usaha mikro yang ada di Sulawesi Selatan sehingga dapat membangun ekosistem usaha yang lebih kuat dan berdaya saing,” tegasnya.

Agenda dari kegiatan temu konsultasi usaha ini memberikan pemahaman dan edukasi kepada pelaku usaha yang hadir diantaranya tentang literasi keuangan; urgensi pengelolaan dan dasar keuangan, penyusunan rencana keuangan dan pengembangan system digital bagi usaha mikro.(*)

Baca artikel terbaru Sulselpedia di Google News