Garda Transfumi Sulsel Raih Penghargaan Dari Kemenkop UKM

Sulselpedia.com – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya menumbuhkan ekosistem yang kondusif bagi UMKM.

Salah satu langkah yang dilakukan dengan memberikan kemudahan berusaha melalui tranformasi formal usaha mikro atau dikenal dengan program transfumi.

Dengan bertransformasi usaha dari informal ke formal, standarisasi usaha dan produk, penumbuhan wirausaha produktif serta peningkatan daya saing produk usaha mikro.

Sejak tahun 2021, Garda Transfumi telah berperan mendampingi pelaku usaha dalam pemenuhan aspek-aspek legalitas dan sertifikasi seperti pendampingan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB), Pendampingan Sertifikasi Halal, Pendampingan standarisasi keamanan pangan sampai pada adopsi digital.

Dalam rangka wujud apresiasi Kemenkop UKM atas capaian program Transfumi tahun ini, Kemenkop UKM menggelar Transfumi Summit 2023 dengan tema “Bela Negeri, Tunjukkan Bakti” yang dilaksanakan di Kota Jogyakarta dari tanggal 21-23 November 2023.

Salah satu agenda kegiatan Transfumi Summit adalah pemberian penghargaan kepada Relawan Garda Transfumi dan pihak-pihak yang selama setahun ini telah membantu mensukseskan program Transfumi.

“Sebanyak 376 Garda Transfumi aktif di tahun ini berhasil mendampingi penerbitan lebih dari 370 ribu NIB dan 55 ribu sertifikat halal atau meningkat tiga kali lipat dari tahun lalu,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius dalam acara Transfumi Summit 2023 di Monumen Jogja Kembali, Rabu (22/11/2023) malam.

Garda Transfumi Sulsel kembali berhasil menerima penghargaan pada ajang ini dimana sukses menerbitkan NIB dan SJPH terbanyak.

Capaian Sulawesi Selatan sebanyak 71.153 NIB di mana jumlah tersebut naik dari capaian tahun lalu 41.000 NIB.

Atas pencapaian ini Garda Transfumi Sulsel sukses menerima penghargaan pada ajang ini, yaitu Bachtiar Baso menerima penghargaan sebagai Movement Manager Terbaik II Nasional; Mahdi menerima penghargaan sebagai Garda Transfumi Capaian tertinggi II Nasional kategori NIB.

Manager Garda Transfumi Sulsel Bachtiar Baso menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pencapaian Garda Transfumi tahun ini yang meningkat tiga kali lipat, termasuk capaian Transfumi di Sulawesi Selatan.

“Syukur Alhmdulillah, capaian kita meningkat dan kita dapat penghargaan lagi menjadi 1 dari 3 provinsi dengan capaian tertinggi, terima kasih Kemenkop UKM, Bapak Menteri Teten Masduki, Pak Deputi dan seluruh tim Transfumi dan MMI spesial kepada seluruh Relawan Garda Transfumi di Sulsel,” ucapnya

Atas keberhasilan Garda Transfumi Sulsel tersebut, Kemenkop UKM juga memberikan penghargaan kepada Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Mitra Dinas Koperasi & UKM provinsi terbaik yang telah memberikan supporting atas program Transfumi di Sulawesi Selatan.

Di tahun 2023 ini terdapat 100 Orang Relawan Garda Transfumi di Provinsi Sulawesi Selatan yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Sulsel.

Mereka telah berperan aktif mendampingi para pelaku usaha bertransformasi formal usaha melalui pendampingan penerbitan NIB, sertifikat halal, sertifikasi keamanan pangan dan adopsi digital.(*)

Baca artikel terbaru Sulselpedia di Google News