Bisnis  

Didukung ILO, ISA Kembangkan Modul Keberlanjutan Usaha

Sulselpedia.com – Asosiasi Start and Improve Your Business (SIYB) Indonesia atau ISA, sebuah forum yang menyatukan pelatih SIYB ILO di Indonesia, didukung kantor lembaga buruh dunia (ILO) Jakarta telah mengembangkan pelatihan online “Business Continuity Response To Pandemic”

Presiden ISA, Rini Wahyu Haryani mengatakan, modul keberlanjutan usaha ini sebagai upaya untuk meminimalkan bahaya yang disebabkan oleh bencana pandemi saat ini. “Pelatihan ini berfokus pada upaya penyelamatan dan bagaimana UMKM dapat bertahan selama periode tanggap darurat dan menyiapkan rencana pemulihan bisnis pasca pandemi,” tambahnya.

Public relation ISA, Bahrul ulum Ilham menambahkan, modul pelatihan online “Business Continuity Response To Pandemic” yang disusun sejak pertengahan April dan awal Mei 2020 ini telah diujicobakan pada komunitas UMKM Nusantara tanggal 4-6 Mei 2020 dan sangat dihargai oleh para peserta.

Modul itu sendiri merupakan adaptasi dari Modul Keberlanjutan Usaha ILO selama Pandemi yang dikembangkan pada tahun 2010 dengan menyesuaikan konteks UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Kembangkan UMKM, ASPEKSINDO Gandeng Chandra Mindset Founder Mecnesia

Pada tanggal 19 Mei 2020 dilakukan pembukaan pelatihan untuk UMKM binaan Promise Impact Project yang dibuka Michiko Miyamoto, selaku Direktur ILO untuk Indonesia-Timur Leste dengan observer dari lembaga-lembaga mitra ILO.

“Pelatihan juga dilaksanakan pada tanggal 18-20 Mei 2020 sebanyak 3 (tiga) kelas pada pelaku UMKM Binaan Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Baca Juga :  Gubernur Sulsel Resmikan Kawasan Kuliner Lego-lego di CPI

Dari pelaksanaan pelatihan peserta sangat antusias dengan tingkat kepuasan peserta pelatihan yang tinggi setelah pelatihan. Hal ini karena model pelatihan yang melibatkan peran aktif peserta sesuai kondisi bisnisnya serta membuat dokumen perencanaan keberlanjutan bisnis agar bisa bertahan dan melakukan recovery.(*)

Baca artikel terbaru Sulselpedia di Google News