Yamaha Bagikan Tips Perawatan Sepeda Motor di Saat Musim Hujan

Sulselpedia.com – Intensitas hujan yang meningkat di awal tahun perlu diwaspadai oleh masyarakat yang mengandalkan sepeda motor sebagai alat mobilitas sehari-hari.

Pasalnya, selain permukaan jalan yang lebih licin akibat basah, hujan dengan intensitas tinggi juga kerap membuat beberapa jalan yang dilewati tergenang air atau bahkan banjir.

Meskipun ada resiko, namun tidak sedikit pengguna sepeda motor yang tetap melakukan perjalanan di tengah guyuran hujan. Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk memahami hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat hendak berkendara di musin hujan.

Baik itu dari segi kondisi sepeda motor, cara berkendara, perlengakapan berkendara, hingga pemahaman soal rute dan jalur yang akan dilewati.

“Curah hujan yang intens akhir-akhir ini menuntut pengguna sepeda motor untuk meningkatkan kewaspadaannya saat sedang berkendara. Karena dengan kondisi jalan yang basah dan tergenang airtentu membuat resiko kecelakaan menjadi lebih besar. Untuk itu, fokus yang tinggi, persiapan yang matang serta pemahaman berkendara yang baik dan pemilihan jalur yang tepat, menjadi poin-poin yang penting untuk menjaga safety riding ketika berkendara di musim hujan seperti ini,” ungkap Muhammad Arief, Instruktur YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Baca Juga :  Foto: 36 Unit Pertama Yamaha Fazzio Hybrid-Connected Area Makassar dan Sekitarnya Mulai Diantarkan

Berikut adalah tips dari Yamaha Riding Academy (YRA) terkait tata cara berkendara sepeda motor di musim hujan.

1. Pastikan Motor dalam Kondisi Sehat
Dari segi persiapan, hal pertama yang harus dicek oleh pengguna sepeda motor sebelum berkendara adalah memastikan motornya dalam kondisi yang layak jalan.

Pada musim hujanada beberapa komponen motor yang memiliki peranan vital dan penting untuk dicek, seperti ban yang berfungsi menjaga traksi ke permukaan jalan, lampu penerangan yang membantu jarak pandang, sistem pengereman untuk deselerasi kecepatan di permukaan jalan yang basah dan licin, serta beberapa komponen pendukung berkendara lainnya.

Bila ada komponen motor yang dirasa perlu untuk dicek lebih lanjut atau bahkan diganti, konsumen sepeda motor Yamaha dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha Motor.

Melalui aplikasi ini, mereka dapat mengecek lokasi dealer terdekat hingga membuat jadwal booking service secara mudah dan praktis dengan smartphone.

2. Bawa Jas Hujan
Jas hujan menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang wajib dibawa saat musim hujan karena fungsinya yang dapat meminimalisir pakaian pengendara menjadi basah dan juga meredakan terpaan angin serta hawa dingin yang langsung ke badan.

Baca Juga :  Yamaha dan Nikon Indonesia Gelar Lomba Foto Berhadiah Satu Unit Motor

Baiknya, pengendara memilih jas hujan yang berbentuk 2-piece dengan warna yang cerah agar mudah diidentifikasi oleh pengendara lain.

3. Pilih Rute Aman
Ketika berkendara saat hujan, pemilihan rute juga menunjang faktor keselamatan dalam berkendara. Hindari jalan yang sering terjadi genangan air atau banjir.

Apabila pengendara nekat menerjang jalanan yang banjir, selain berbahaya, motorpun juga bisa mengalami kerusakan yang serius.

4. Hindari Berkendara Agresif
Kondisi hujan yang membuat jalan licin dan jarak pandang terbatas tentunya harus disikapi dengan cara berkendara yang bijak. Seperti jangan berkendara dengan kecepatan yang tinggi dan sering mendahului pengendara lain.

Selain itu, hindari mengerem secara mendadak karena saat jalan licin tentu traksi ban ke aspal menjadi tidak optimal sehingga resiko untuk selip. Baiknya, tetap jaga jarak aman dan berkendaralah dengan kecepatan sedang serta konstan.

5. Berhenti Ketika Hujan Deras
Saat intensitas hujan sudah sangat deras, sebaiknya pengendara langsung berhenti dan tidak melanjutkan berkendara karena jarak pandang yang pasti terganggu dan genangan air dijalan membuat sepeda motor menjadi sulit dikontrol.

Baca Juga :  PT SJAM Hadirkan Promo Pa'Buka, Mudahkan Konsumen Miliki Motor Yamaha di Bulan Ramadhan

Pada saat menepi juga pastikan lokasinya aman, seperti tidak di bawah jembatan, underpass, atau ruang publik lainnya yang dapat mengganggu arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan.

6. Cuci & Lumasi Komponen Motor
Motor yang dikendarai saat hujan biasanya menjadi kotor akibat lumpur dan tanah yang menempel sehingga bisa menyebabkan karat.

Oleh karena itu, baiknya segera mencuci motor yang telah digunakan dan beri pelumas pada bagian yang rawan berkarat, seperti standard samping dan tengah, footstep, serta kaki-kaki motor. Lalu cek juga kondisi oli serta busi untuk memastikan tidak ada air yang masuk kedalam.

Demikian tips dari Yamaha terkait dengan hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkendara saat hujan.

Apabila motor mengalami malfungsi sehabis menerjang hujan ataupun jalanan yang tergenang, sebaiknya pengendara bisa langsung datang ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut.(*)

Baca artikel terbaru Sulselpedia di Google News