Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaPotensi Daerah10 Tempat Wisata Bahari di Bulukumba

10 Tempat Wisata Bahari di Bulukumba

Sulselpedia.com – Jika kamu ingin berwisata ke kabupaten bulukumba, ini rekomendasi tempat wisata bahari di bulukumba yang bisa kalian kunjungi.

Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu daerah yang berada dalam wilayah administratif  Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki beberapa potensi pariwisata dan yang paling menonjol berada di Kawasan pesisirnya.

Bulukumba memang dikenal menawarkan sejumlah pesona alam yang mengagumkan, terutama keindahan pesisir pantainya yang akan membuat siapa pun ingin berlama-lama ketika berada di sana.

Yang paling terkenal adalah Pantai Tanjung Bira. Disana anda bisa menikmati berbagai macam pesona alam yang memukau dari kontur pantai yang unik seperti pasir putih, air laut yang bening, serta keasrian alamnya.

Berikut Deretan Tempat Wisata Bahari di Bulukumba

1. Pantai Tanjung Bira
wisata bahari di bulukumba Pantai tanjung bira
Foto: Twitter/redplanetid

Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu destinasi wisata bahari di bulukumba yang paling terkenal. Tak hanya di Indonesia, Pantai Bira juga cukup terkenal hingga ke Manca Negara.

Pantai ini terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, berjarak sekitar 200 kilometer dari Kota Makassar. Bisa dikatakan, Tanjung Bira ini berada di ujung selatan Sulawesi Selatan.

Tanjung Bira bisa dikatakan adalah salah satu senjata andalan oleh Sulawesi Selatan untuk menarik wisatawan lokal maupun asing agar datang berkunjung ke sana. Tanjung Bira menawarkan banyak hal menarik seperti pantai berpasir putih, alam bawah laut dan juga pemandangan senja hari yang tiada banding.

Lokasi Pantai Tanjung Bira : https://goo.gl/maps/Gf6PypUYLMtR1AF57

2. Tebing Apparalang
wisata bahari di bulukumba
Tebing Apparalang

Apparalang adalah objek wisata bahari di Bulukumba yang berlokasi di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari. Tempat Wisata Bahari ini memiliki hamparan tebing yang menjulang tinggi dan memiliki batu karang yang alami tetapi pantai apparalang ini tidak memiliki pesisir (Pasir Pantai).

Lokasi : https://goo.gl/maps/kQjzeyUrvego1nUH9

3. Pantai Bara
wisata bahari di bulukumba pantai bara
Pantai Bara

Hamparan pasir putih dan birunya air laut membuat objek wisata bahari di bulukumba ini terlihat eksotis. Beberapa wisatawan yang pernah ke sini pun sepakat kalau keindahannya melebihi saudara dekatnya, yaitu Pantai Bira. Selain itu, tempat ini belum banyak diketahui oleh banyak orang sehingga masih cukup sepi. Rasanya seperti berlibur di pantai pribadi.

Berada di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, pantai ini sering disebut sebagai saudara kembar Pantai Bira.
Selain namanya hampir mirip, jarak kedua pantai tersebut juga hanya berkisar tiga kilometer saja. Jadi setelah mengunjungi Pantai Bira, kamu juga bisa plesir ke Pantai Bara untuk menikmati keindahannya.

Lokasi : https://goo.gl/maps/TWvSuYiV7sSubNSj7

4. Pulau Liukang Loe
pulau liukang loe
Pulau Liukang Loe

Liukang Loe merupakan sebuah pulau kecil dan bisa dikunjungi dari Pantai Bira menggunakan perahu. Di sini terdapat pemukiman dengan warga yang ramah. Pemandangannya pun sangat memanjakan mata. Hamparan laut biru dan terumbu karang di bawahnya terlihat eksotis. Belum lagi ada sekelompok ikan kecil nan cantik yang turut meramaikan.

Di pulau ini terdapat sebuah tempat penangkaran penyu. Selain bisa mengamati proses penangkaran penyu, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk merasakan sensasi berenang bersama penyu. Terdapat 2 ekor penyu indukan yang berada di kolam besar. Pengunjung yang ingin bermain-main dengan penyu hanya diwajibkan membayar tiket masuk. Kolam besar tersebut memiliki kedalaman sekitar 2 m dan terdapat pula 2 tangga kayu sebagai jalur menuruni kolam tersebut.

Lokasi : https://goo.gl/maps/gZ1yY8HtE2KrRkB1A

5. Pantai Mandala Ria
wisata bahari di bulukumba
Pantai Mandala Ria

Destinasi wisata ini terletak di Desa Lembanna, Kecamatan Bontobahari. Dinamakan demikian karena di sinilah Panglima Mandala memesan 24 kapal untuk misi pembebasan Irian Barat. Pemandangannya pun tak kalah dengan pantai lain di Bulukumba, dengan pasir putih dan laut biru nan jernih. Selain itu, ada banyak gua di sekitar yang bisa kamu.

Disepanjang pantai ini terdapat bebetuan besar dikedua ujung pantai dan ditumbuhi pohon hijau nan rindang yang merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Di ujung selatan pantai ini ada sumber air tawar yang muncul ketika air laut surut yang disebut ”ere Ia’bayya”.

Lokasi : https://goo.gl/maps/1oN5ubYkK2WSh3Cp7

6. Pulau Kambing
pulau kambing
Pulau Kambing Bulukumba

Pulau Kambing merupakan destinasi wisata bahari di bulukumba dengan pesona alam bawah laut yang memukau. keindahannya disebut-sebut bak mutiara yang terpendam di bawah lautan. 

Pulau tak berpenghuni ini menyajikan nuansa pantai pasir putih dan tebing di beberapa titik. Air lautnya yang jernih menjadikannya sebagai buruan para pecinta diving maupun snorkeling. Untuk ke pulau ini memerlukan waktu sekitar 20 menit dari pesisir tanjung bisa dengan menggunakan kapat boat.

Lokasi : https://goo.gl/maps/samNhEuEBeZQu9KD9

7. Pantai Lemo-lemo
pantai lemo lemo
Pantai Lemo-lemo

Lemo-Lemo adalah sebuah pantai eksotis yang berpasir putih. Letaknya sekitae tujuh kilometer dari Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Hamparan pasir putih membentang luas dan panjang. Beberapa gugusan batu karang menyembul ke permukaan air. Masih begitu alami.

Selain itu terdapat sebuah fenomena alam yang unik berupa tanah berwarna merah melingkar yang berdiameter beberapa puluh sentimeter. Selebihnya tanah berwarna hitam. Apabila tanah merah ini digali, tanah akan tetap berwana merah.

Lokasi : https://goo.gl/maps/mBww25q8YSPWe88r8

8. Pantai Ujung Tiro
wisata bahari di bulukumba ujung tiro
Pantai Ujung Tiro

Pantai Ujung Tiro merupakan destinasi wisata bahari di bulukumba yang terletak di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro.

Tidak seperti pantai lainnya, pantai ini memiliki keunikan tersendiri yakni pantai yang tidak memiliki pasir pantai, namun tedapat pulau karang kecil yang elok. Pulau karang kecil tersebut merupakan spot yang sangat tepat untuk menikmati panorama laut lepas.

Lokasi Pantai Ujung Tiro : https://goo.gl/maps/av6XxmxizAn4LpvU7

9. Pantai Marumasa
marumasa beach
Pantai Marumasa

Objek wisata ini terletak di Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari. Ada banyak spot selfie yang cocok untuk menghiasi profil Instagram kamu di sini. Garis pantai berwarna putih dan gradasi warna biru lautnya terlihat menawan. Keindahannya semakin lengkap dengan hadirnya dua buah tebing tinggi di sekitarnya. 

Lokasi : https://goo.gl/maps/vJsxsZM62PWuaMR77

10. Pantai Kasuso
kasuso
Pantai Kasuso

Rekomendasi tempat wisata bahari di bulukumba yang terakhir adalah Pantai Kasuso. Terletak di Dusun Kasuso, Kecamatan Bontobahari. Di tengah lautnya terdapat sebuah batu karang yang menjadi ciri khasnya. Pemandangan pasir putih dan tebing menjadi suguhan utamanya, di samping keindahan sunset yang menawan. Suasananya pun cukup tenang karena tak banyak pengunjung ke sini.

Lokasi : https://goo.gl/maps/X2BRn2GwfhyGmyji6

Itulah sederet Tempat Wisata Bahari di Bulukumba yang patut kalian kunjungi sebagai destinasi saat liburan kalian. Jangan lupa share artikel ini jika menurutmu bermanfaat.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata di Makassar yang Paling Terkenal

MENARIK UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Trending

BACA JUGA