Kamis, Desember 2, 2021
BerandaKulinerHampir Mirip! Ini 5 Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa

Hampir Mirip! Ini 5 Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa

Gula Aren dan gula jawa merupakan salah satu rempah yang digunakan sebagai bahan pemanis selain gula pasir. Bagi orang yang tidak begitu mengerti tentang gula tradisional, kebanyakan akan mengira gula aren dan gula jawa itu serupa, tetapi kenyataannya gula aren dan gula jawa berbeda karena diproduksi dari pohon yang berbeda.

Jika dilihat dari sumbernya, Gula aren merupakan gula yang dihasilkan dari penyadapan pohon aren atau nira, Sedangkan gula jawa adalah gula yang dihasilkan dari penyadapan pohon kelapa. 

Tak cuma itu, jika dilihat dari segi fisik dan rasa, ada beberapa perbedaan yang sangat kentara dari kedua jenis gula ini.

Berikut Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa

Banyak orang yang tidak dapat membedakan antara gula aren dan gula jawa. Bahkan keduanya kerap disangka sama saja. Padahal antara gula jawa/kelapa dan gula aren mempunyai ciri yang berbeda.

Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa
Gula Aren/Freepik.com

Ciri Ciri Gula Aren

  • Gula aren dibuat dari hasil penyadapan nira pohon aren.
  • Warna gula aren lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Warnanya agak cokelat kehitaman
  • Gula aren memiliki aroma gula yang sangat khas keharumannya.
  • Pada umumnya, gula aren dicetak agak besar, dengan menggunakan tempurung kelapa.

Karena memiliki aroma yang khas, gula aren sering digunakan untuk berbagai macam bahan makanan dan juga minuman khas daerah, seperti campuran kopi dan juga bandrek dan yang lainnya.

Gula Jawa

Ciri Ciri Gula Jawa

  • Gula jawa terbuat dari nira yang diambil dari pohon kelapa.
  • Gula jawa atau gula kelapa memiliki warna yang terlihat lebih terang, cokelat agak kuning keputihan.
  • Adapun aroma tidak begitu mencolok seperti gula aren.
  • Rasa gula jawa juga tidak terlalu manis seperti gula aren.
  • Hasil cetakan gula jawa lebih kecil, biasanya dicetak dengan menggunakan dakon maupun potongan bambu (Namun tidak semua tempat sama)

Nah, dari perbedaan diatas tentunya bisa disimpulkan dari kedua jenis gula yang dihasilkan dari fermentasi nira tersebut memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Pilihan orang pun berbeda-beda dalam mengkonsumsi gula ini, ada yang lebih suka gula aren, namun ada juga yang lebih memilih gula jawa.

Dalam memilih jenis gula tradisional sebaiknya Anda juga harus berhati-hati, karena saat ini banyak gula yang sudah dicampur dengan bahan-bahan kimia serta gula yang dihasilkan dari daur ulang yang sudah ditambah dengan bahan gula pasir.

Nah itulah sekilas tentang Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.

MENARIK UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Trending

BACA JUGA