Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaKuliner10 Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba

10 Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Makassar – Berkunjung ke Makassar rasanya belum lengkap jika belum menccicipi kuniler khas Makassar berikut ini.

Kota makassar merupakan kota yang tak hanya dikenal karena kekayaan alam dan budayanya, tetapi juga terkenal karena kuliner nya yang enak dan dan menggoda selera. Mulai dari camilan hingga menu utamanya, selalu membuat kamu ingin tambah.

Perpaduan rempah yang digunakan juga menjadi salah satu alasan masakan khas Makassar membuat kamu ketagihan. Kenikmatan kuliner Makassar terbukti membuat banyak orang ketagihan. Terlihat dari menjamurnya berbagai resto dan warung khas Makassar di berbagai daerah di indonesia.

Daripada kamu penasaran, yuk simak 10 Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba jika berkunjung ke kota daeng ini.

Coto Makassar

coto makassar
Gambar : Pinterest

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan yang terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng.

Enak tidaknya hidangan ini memang sangat bergantung pada bumbu kuahnya. Jenis kuali yang digunakan untuk memasak dipercaya ikut juga mempengaruhi rasa Coto Makassar. 

Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat atau burasa, dan biasanya lebih nimkat jika dicampur dengan sambal taoco.

Jika berada di makassar, kamu akan dengan mudah menemukan warung-warung yang menyediakan Coto Makassar. sedangkan harga setiap porsi yang disajikan cukup beragam, berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per porsi.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis yang Menjanjikan Untuk Besar di Tahun 2021

Sop Konro

sop konro khas makassar
gambar : Pinterest

Makanan khas Makassar selanjutnya yaitu Sop Konro. Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi suku Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.

Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah. Masakan berkuah warna cokelat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu.

Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Selain keluwak, sup konro ini dimasak dengan berbagai rempah lain seperti jahe, lengkuas, kayu manis, kapulaga, asam jawa, kunyit, kemiri, ketumbar, dan jinten.

Konro merupakan salah satu masakan khas yang banyak dicari para turis domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Makassar. Isinya bukan daging sapi, melainkan tulang iga.

Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah, akan tetapi kini terdapat variasi kering yang disebut “Konro bakar” yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro. Konro bakar biasanya juga disajikan dengan disertai kuah sup yang terpisah.

MENARIK UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Trending

BACA JUGA