Kamis, Desember 2, 2021
BerandaGaya HidupMengapa Ikan Koi Mahal Harganya ?

Mengapa Ikan Koi Mahal Harganya ?

Harga Ikan Koi ada yang sangat Mahal, bahkan mencapai Rp. 27 Miliar. Itulah S Legend ikan Koi termahal di dunia

Pertanyaannya adalah mengapa ada ikan koi yang harganya sampai miliaran rupiah?

Koi bukanlah ikan hias yang memilik lapis emas, namun ikan dari kelompok ikan karper/carpa. Sesungguhnya mereka tidaklah begitu istimewa dan dapat ditemukan di mana-mana. Kenapa harga ikan koi begitu tinggi juga tak,lepas dari garis keturunan (bloodline) dan juga upaya peningkatan kualitas warnanya.

Di Jepang, para breeder disana sangat serius dalam menangani budidaya ikan koi. Apalagi disana selalu diselenggarakan kejuaraan rutin (koi Showa) yaitu All Japan Koi Show yang selalu menampilkan koi pemenang yang sangat menakjubkan keindahannya. Koi yang telah berhasil tampil sebagai pemenang, kerap kali dihargai sangat tinggi. Memang begitulah tradisi untuk pemenang sebuah kompetisi.

Koi Pemenang (Koi Champion)

Ikan Koi yang dihargai sebesar $ 1,8 juta atau setara Rp. 27 miliar adalah Koi yang berhasil tampil menjadi juara di acara All Japan Koi Show pada tahun 2017.

Namun demikian masih ada Koi yang juga punya harga selangit yaitu yang diberi nama S Legend. Dia adalah ikan Koi termahal di dunia.

Sekilas sejarah ikan Koi

Pada sekitar tahun 1700-an, para breeder Koi di Jepang telah mulai merawat dan mengembangbiakkan Koi. Mereka bisa menghasilkan berbagai pola dan warna yang beragam. Aktivitas merawat dalam memelihara ikan Koi ini juga begitu ditekuni oleh para breeder.

Koi selain menjadi hewan peliharaan, juga dapat menjadi investasi yang mana dapat diikutsertakan di dalam ajang Koi Show.

Alasan Mengapa Ikan Koi Mahal

Kejuaraan rutin khusus untuk ikan koi ini diadakan guna mencari ikan paling bagus kualitasnya. Para juri dan pengunjung akan dapat menilai ikan mana yang bagus, dengan bentuk badan yang proporsional, ikan mana yang gerakannya anggun saat berenang di air, kemudian ikan Koi mana yang paling indah dan rupawan.

Koi juara punya kualitas warna terbaik. Pola dan warna pada tubuh Koi begitu seimbang dan sesuai dengan jenisnya. Misalnya saja Ikan koi yang memiliki bintik-bintik biru muda, koi yang pada punggung memiliki bercak lebar dengan warna merah (hi), atau yang tubuhnya diliputi warna keemasan. Ikan paling unggul dapat berpeluang besar untuk memenagkan kontes, biasanya merujuk pada ketiga varietas ini.

Ikan Koi unggulan akan mendominasi banyak acara kejuaraan/pertunjukan (koi show) dan harganya paling tinggi, biasanya langganan juara pada kategori utama.

Semakin unik Koi, maka harganya semakin mahal pula. Pembeli yang tajir tentu tidak akan mempersoalkan harga nominalnya. Mereka membeli kualitas dan tak peduli dengan harganya.

Salam GilaKoi

MENARIK UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Trending

BACA JUGA