Sabtu, September 25, 2021
BerandaPotensi DaerahPesona Keindahan Alam di Titik Nol Bulukumba

Pesona Keindahan Alam di Titik Nol Bulukumba

Sulselpedia.com – Ingin berkunjung ke Kabupaten Bulukumba? Jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata eksotis di Titik Nol Bulukumba.

Tempat ini adalah salah satu tujuan wisata baru di Kabupaten Bulukumba yang menawarkan pemandangan indah panorama laut dan tebinng curam

Berada di tempat ini kalian tidak akan melihat keindahan pasir putih. Hanya ada jejeran tebing curam dan deburan ombak. Perpaduan itu justru membuatnya terlihat semakin eksotis. 

Di kawasan ini juga terdapat prasasti atau penanda Titik Nol Kilometer Sulawesi Selatan yang berada di ketinggian 50 Meter dari atas permukaan laut (mdpl).

Sepintas, suasana di tempat wisata ini hampir mirip dengan Pantai Appalarang. Hanya saja, di sini ada beberapa spot yang menarik. Di antaranya tangga kayu menuju ke pantai berbentuk angka 0, monumen Bira dan tugu Pinisi serta terdapat dermaga yang memiliki jembatan kaca.

Lokasi Titik Nol Bulukumba

Lokasi: Tanjung, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.
Map:Cek Lokasi

Untuk menuju lokasi wisata ini, terlebih dahulu anda harus memasuki Kawasan Wisata Bira. Jaraknya berkisar kurang lebih 2 KM dari pintu masuk kawasan wisata Bira.

suasana lokasi wisata baru Titik Nol Sulawesi atau Stop Area Mini Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Foto: Sindonews)

Ketika Anda memasuki kawasan wisata Bira, Bulukumba, dan melawati pos, teruslah menyusuri jalan lalu berbelok kiri. Ikuti terus jalur yang ada. Ketika menuju ke kawasan titik nol, kalian akan menyusuri hutan alami dan semak belukar yang tumbuh di atas tanah berbatu. Keindahan tebing dan laut yang biru akan memberikan kesan yang sejuk saat menyusuri jalan menuju kawasan wisata titik nol.

Sesampai di kawasan ini kalian akan disambut oleh tebing curang yang memanjang di sepanjang bibir pantai. Tak hanya itu, kalian juga bisa menuruni anak tangga yang menuju ke laut. Terdapat sekitar 77 anak tangga kamu akan sampai di pinggiran laut dan merasakan hempasan ombak. jika beruntung kamu bisa melihat ikan-ikan di laut. Di Sisi selatan kita bisa melihat Pulau Liukang Loe, tepat di bagian depan tangga kita bisa menyaksikan Pulau Kambing.

Tiket Masuk di Titik Nol Bulukumba

Menurut informasi yang kami dapatkan, dikarenakan tempat ini cukup baru dan masih dalam tahap pengembangan, pengunjung belum dikenakan biasa tiket masuk ke lokasi wisata.

Fasilitas yang tersedia

Karena tempat ini masih dalam tahap pengembangan, fasilitas yang tersedia di dalam Kawasan inipun masih kurang memadai sehingga kebutuhan yang anda butuhkan harus anda persiapkan sebelum masuk ke Kawasan ini. Di tempat ini terdapt Kamar kecil/Wc sudah dibangun namun sumber airnya belum ada.

Jika perut kalian keroncongan, ditempat ini terdapat penjual minuman dan makanan ringan yang berada di sekitaran tempat parkir. Biasa nya juga terdapat penjual bakso keliling yang mangkal di sekitaran tempat wisata.

Di tempat ini juga terdapat area parkir, tetapi tidak begitu luas sehingga Anda harus dapat memarkir kendaraan serapi mungkin sehingga pengunjung lain dapat memarkir kendaraan dengan aman.

Bagi anda yang ingin menikmati malam di lokasi ini, kalian bisa membangun tenda untuk camping dikarenakan penginpan belum tersedia di tempat ini.

Pesona Alam dan Spot Foto

Sesuai dengan nama nya, Titik Nol Bulukumba, didini terdapat prasasti atau penanda Titik Nol Kilometer Sulawesi Selatan yang berada di ketinggian 50 Meter dari atas permukaan laut (mdpl). Penanda 0 kilometer itu berbentuk bundar yang terbuat dari lempengan baja dan tertanam di tanah.  Ukurannya berdiameter sekitar 10 cm dan berwarna kecoklatan.

titik nol sulawesi
foto: detik

Di samping penanda itu, juga telah dibangun Monumen Titik Nol yang berbentuk Perahu Pinisi dengan logo Pemkab Bulukumba dan logo pariwisata Bulukumba di masing-masing sisinya.

Monumen ini menjadi spot foto yang menarik bagi pengunjung karena ada dua sisi yang bisa dijadikan background foto. Warna dari branding pariwisata Bulukumba menjadi daya tarik yang memikat karena warna-warni dari gambar tersebut sangat indah.

Sepanjang sisi kawasan ini telah dibangun pedestrian untuk menikmati keindahan laut di sekeliling kawasan. Udara di tempat ini cukup adem karena hembusan angin laut dan banyaknya pepohonan yang membuat kita betah untuk berlama-lama menikmati keindahan yang disuguhkan di tempat ini. selain itu kita bebas memilih latar belakang untuk foto kita, ada laut maupun pantai dengan gugusan tebing.

Spot foto selanjutnya adalah Bira Park, monumen ini juga menjadi latar belakang foto favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasanTitik Nol, selain spot foto yang cukup luas untuk foto rombongan, view laut dan langit juga bisa kita peroleh dan alhasil foto yang dihasilkan sangat keren untuk di unggah ke sosial media kamu.

Tak hanya tugu, terdapat juga tangga yang jumlah anak tangganya kurang lebih 77 anak tangga. Biasanya para pengunjung akan menggunakan anak tangga tersebut untuk spot foto yang instagenik. Bahannya yang terbuat dari kayu membuat penampilannya menjadi menarik dan berhadapan langsung dengan hamparan panorama laut yang indah.

titik nol bulukumba
Foto: Sindonews

Terdapat juga sebuah dermaga dengan jembatan yang terbuat dari kaca yang biasanya digunakan oleh para pengunjung sebagai spot foto yang menarik dan instagenik. Dengan adanya jembatan kaca ini,pengunjung yang berjalan diatasnya serasa melayang di atas air.

Bagi kalian yang ingin menikmati keindahan matahari terbenam, kami sarankan agar mengungjungi tempat ini di waktu sore hari.

Nah, itulah sederet informasi yang kami rangkum seputar kawasan wisata alam Titik Nol Bulukumba. Mengingat destinasi wisata di Bulukumba ini termasuk ke dalam kategori baru dan masih dalam proses pengembangan, kami menghimbau kepada semua pengunjung untuk selalu berhati-hati jika beraktivitas di tempat ini.

MENARIK UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Trending

BACA JUGA